Ingin Kerja Paruh Waktu di Jepang Sebagai Siswa? Begini Persyaratannya!

Sebagian besar sekolah bahasa di Jepang membagi kelasnya menjadi kelas pagi dan kelas siang. Ini akan memberikan kesempatan untuk kalian berkeliling dan melihat-lihat kota daerah kalian tinggal. Tapi, kalian juga harus mulai memikirkan tentang kerja paruh waktu apabila ingin mendapat uang jajan lebih. Ternyata, syarat agar dapat izin kerja paruh waktu di Jepang tidak begitu sulit, lho!

Sebagai seorang pelajar di Jepang, kalian hanya bisa mendapatkan jatah jam kerja selama 28 jam/minggu dan 8 jam/hari apabila sudah tidak ada kegiatan kelas. Juga, apabila kegiatan bersekolah kalian, atau status kalian sebagai seorang pelajar telah berhenti atau hilang, izin kerja kalian juga akan menjadi tidak berlaku. Izin kerja merupakan sebuah keharusan untuk dimiliki apabila kalian ingin bekerja paruh waktu di Jepang. Apabila kalian bekerja paruh waktu tanpa izin kerja, hukuman yang kalian dapat bisa berupa deportasi.

Cara mendapatkan izin kerja

Ilustrasi Kerja di Jepang | image by cookbiz.jp

Sebagai seorang pelajar, kalian sebenarnya tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas lain selain belajar. Tetapi, kalian dapat mendapatkan izin kerja selama kegiatan tersebut tidak mengganggu ataupun menjadi halangan dalam kegiatan belajar kalian. Kalian akan membutuhkan izin dari kantor imigrasi Jepang.

Sangat dianjurkan untuk membuat izin kerja tersebut sebelum tiba di Jepang, apabila kalian memang memiliki niatan untuk bekerja disana. Selain itu, dengan membuat izin kerja sebelum tiba di Jepang, proses pembuatan izin kerjanya juga lebih cepat dan kalian bisa langsung bekerja paruh waktu. Apabila kalian melakukannya setelah tiba di Jepang, izin kerja baru bisa kalian dapatkan sampai satu bulan lamanya.

Selain itu, kalian juga dianjurkan untuk mendapat surat izin dari universitas tempat kalian menimba ilmu, agar dimudahkan urusan pembuatan izin kerjanya, selain itu, apabila universitas kalian tidak mengizinkan pelajarnya untuk melakukan kegiatan lain selain belajar, aplikasi kalian tidak akan diterima.

Setelah izin kerja kalian diterima, kalian akan mendapatkan cap hitam di bagian bawah kartu izin tinggal kalian. Kalian juga akan mendapatkan stiker di paspor kalian.

Singkatnya, hal-hal inilah yang diperlukan untuk mendapatkan izin kerja adalah sebagai berikut :

  1. Paspor
  2. Kartu Izin Tinggal
  3. ID Card Pelajar
  4. Izin kerja telah disetujui
  5. Bisa berbahasa Jepang (mempermudah)
  6. Memiliki SIM Jepang untuk pekerjaan antar-mengantar (opsional)

Setelah semua hal tersebut telah didapatkan, kalian sudah bisa untuk bekerja di Jepang!

Pekerjaan yang dilarang

Paruh waktu di Jepang
Ilustrasi Pachinko | image by fortune.com

Perlu diingat juga, tidak semua jenis pekerjaan diperbolehkan bagi pelajar. Ada larangan yang tidak boleh dilanggar apabila kalian ingin bekerja sebagai pelajar, seperti tidak boleh bekerja di bidang yang berhubungan dengan hiburan dewasa. Pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Bar (restoran yang menyediakan alkohol tidak masalah)
  • Host atau Hostess atau Klub malam
  • Video game arcade
  • Love Hotel
  • Tempat pachinko
  • Toko yang menjual barang-barang dewasa
  • Tempat pijat
  • Apapun yang berhubungan dengan kegiatan seksual

Meskipun pekerjaan yang dilakukan tidak ada kaitannya dengan hal-hal yang kurang pantas, tetapi kalian bekerja di satu tempat yang menyediakan layanan yang ada diatas, pekerjaan tersebut menjadi ilegal dan tidak boleh untuk diambil. Ini termasuk apabila kalian bekerja sebagai koki di bar, tukang bersih-bersih di tempat pachinko, dan sejenisnya. Apabila kalian masih bingung akan kelegalan tempat kerja kalian, silahkan hubungi langsung tempat kalian menimba ilmu.

Sekali lagi, kalian harus berhati-hati dalam memilih dan menerima pekerjaan, segala macam tindakan ilegal dan kriminal, akan mendapatkan hukuman yang cukup parah di Jepang. Ada kelompok kriminal Jepang yang menargetkan pelajar dan para warga asing yang berada di Jepang untuk menjalankan perbuatan-perbuatan ilegal. Dibawah ini, adalah contoh perbuatan-perbuatan ilegal. Jangan mau menerima perbuatan seperti ini!

  • Mengambil uang dengan ATM orang lain.
  • Memesankan barang dengan data diri orang lain.
  • Menerima paket untuk orang lain, lalu mengantarkannya kemudian.

Jangan pernah menerima kegiatan-kegiatan diatas, apabila kalian tidak mau terkena masalah!

Satu lagi, jangan sekali-kali memberi tahu atau meminjamkan data diri kalian ke orang lain! Ada juga orang-orang yang menargetkan orang asing yang ada di Jepang untuk melakukan kegiatan scam dengan membayar untuk meminjam data diri kalian, data diri itu nantinya akan digunakan untuk hal-hal ilegal. Kalian tidak mau kan, berurusan dengan pihak berwenang atas sesuatu yang tidak kalian perbuat?

Itu saja tips untuk mendapatkan izin kerja, serta hal-hal yang perlu dihindari dalam bekerja di Jepang, jangan sampai kalian termakan tipu daya orang-orang yang tidak bertanggung jawab ya!

Featured Image : sowaproject.jp

The post Ingin Kerja Paruh Waktu di Jepang Sebagai Siswa? Begini Persyaratannya! appeared first on Japanese Station.