6 Hal Menarik di Prefektur Tokushima, Jepang

Jika bosan berkunjung ke kota-kota besar di Jepang, mungkin kamu bisa coba berkunjung ke tempat lain yang diam-diam menyimpan banyak hal menarik. Misalnya, Prefektur Tokushima, Jepang.

Dilansir dari situs Discover Tokushima, Prefektur Tokushima (徳島県, Tokushima-ken) merupakan prefektur yang terletak di bagian timur Pulau Shikoku. Tokushima terhubung dengan mainland Jepang dengan Akashi-Kaikyo dan Jembatan Naruto. Prefektur Tokushima ini juga merupakan rumah dari Awa Odori Dance Festival, salah satu festival tarian tradisional terbesar Jepang.

Nah, selain terkenal dengan Awa Odori, masih banyak lho hal menarik yang bisa kamu lakukan di Prefektur Tokushima. Penasaran? Ayo cek!

Menyebrangi Iya Valley dengan Vine Bridge

Hal Menarik di Tokushima
Vine Bridge di Iya Valley (jpaanguide.com)

Vine Bridge (Jembatan Tanaman Rambat) merupakan salah satu spot favorit turis jika berkunjung ke tempat ini. Meskipun jembatan dengan panjang 45 meter ini memiliki sejarah yang sedikit kelam (jalur pengungsian sisa Klan Taira setelah kalah di Perang Gempei), tetap saja banyak turis yang berkunjung untuk melihat pemandangan atau berfoto di jembatan yang intagramable ini.

Jembatan ini ditautkan ke 2 pohon cemara tinggi di setiap ujungnya. Meskipun tak terlihat, ada kabel baja tersembunyi di balik tanaman rambat itu, menyangga jembatan agar tetap stabil, tidak perlu takut jatuh deh.

Melihat pusaran air Naruto

Hal menarik Tokushima
Pusaran air Naruto (pref.tokushima.lg.jp)

Jika kamu mengunjungi Kota Naruto di timur laut Tokushima, kamu akan menemukan sesuatu yang unik di lautnya, sebuah pusaran air! Pusaran air yang disebut pusaran air Naruto atau Naruto Whirlpools ini bisa berputar dengan kecepatan mencapai 20 km/jam di musim semi atau gugur. Jika ingin melihat pusaran air ini, kamu bisa berkunjung ke Tokushima Prefectural Uzu-no-Michi Walkway. Dari sini, kamu bisa melihat pusaran air Naruto dari jarak dekat melalui sebuah kaca.

Jika ingin melihat pusaran air Naruto secara langsung, kamu juga bisa menaiki kapal khusus yang menawarkan “kunjungan” ke pusaran air ini. Hati-hati terciprat air ya!

Menonton Teater Boneka di Rural Community Theaters

hal menarik Tokushima
Penonton memadati Awa Rural Community Theater (pref.tokushima.lg.jp)

Jika bosan berjalan-jalan, kamu bisa coba berhenti sejenak untuk menonton teater boneka di salah satu tempat pertunjukan Rural Community Theaters. Prefektur Tohoku memang memiliki beberapa tempat pertunjukan boneka yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Namun, jika ingin mencoba mengunjungi yang tertua sekaligus terbesar, bisa kunjungi Awa Rural Community Theater.

Menurut sejarah, Awa Community Theater sudah berdiri sejak akhir zaman Edo. Sebelum menjadi teater boneka, teater ini merupakan sebuah festival di mana para petani menampilkan lagu dan tari-tarian sebagai rasa syukur atas hasil panen yang baik. Lama kelamaan, festival ini berganti menjadi pertunjukan boneka. Akhirnya, para petani membangun sebuah teater untuk berlatih memainkan boneka di sekitar kuil di desa mereka.

Kini, Awa Rural Community Theater menggunakan Tayuza Joruri (pertunjukan teater boneka tradisional Jepang dengan iringan musik narasi). Wajib dikunjungi!

Menonton Festival Awa Odori

Hal menarik Tokushima
Penari perempuan menari di Awa Odori Dance Festival (chushikokuandtokyo.org)

Jika datang ke Tokushima bertepatan dengan musim Obon di bulan Agustus, kamu berkesempatan untuk menonton festival Awa Odori. Pada tanggal 12 hingga 15 Agustus, para penari akan beramai-ramai menari di jalanan Tokushima untuk menyambut perayaan obon.

Nah, jika  tidak sempat menonton Festival Awa Odori secara langsung, kamu bisa datangke Museum Awa Odori di Awa Odori Kaikan. Di sini, ada dance hall di mana pertunjukan tari dipentaskan beberapa kali dalam sehari.

Mengisi Perut dengan Iya Soba khas Tokushima

Hal menarik Tokushima
Iya Soba (discovertokushima.net)

Tidak lengkap rasanya mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi salah satu makanan khasnya. Nah, salah satu makanan khas Tokushima adalah Iya Soba. Mie soba sederhana ini dibuat menggunakan 100 persen tepung terigu tanpa menggunakan pengikat. Karena itu, soba  tebal dengan ukuran pendek ini mudah sekali putus sehingga tidak akan kamu temukan di pesta pernikahan.

Meskipun sederhana, Iya Soba punya rasa yang lezat. Wajib dicoba!

 P

The post 6 Hal Menarik di Prefektur Tokushima, Jepang appeared first on Japanese Station.